WARNA

WARNA

Pengetahuan tentang warna

Ingin mengganti suasana rumah? Salah satu cara untuk mengubah suasana rumah adalah dengan mengganti warna cat yang sesuai dengan karakter Anda, selain menyesuaikan keseluruhan interior ruangan. Warna ruangan memainkan peranan penting dalam interior rumah, karena merupakan gambaran karakter dari pemiliknya, memberikan kesan tertentu pada ruangan, memperkuat interior dan menjadi pemersatu keseluruhan ruangan yang ada. Maka sebelum mengecat rumah dan mengatur dekorasi interior rumah, sebaiknya Anda memahami makna dan pengaruh setiap warna.

Warna dikelompokkan menjadi 3 macam diantaranya adalah

1. Warna primer atau warna dasar

Warna primer adalah warna merah, kuning, dan biru

2. Warna sekunder

Warna sekunder adalah kombinasi dari ketiga warna primer, kombinasi ini akan menghasilkan warna ungu, orange, dan hijau

3. warna tersier

warna tersier adalah hasil kombinasi dari warna sekunder. kombinasi ini akan menghasilkan 6 warna.

Warna akan memiliki kesan-kesan tesendiri, diantaranya adalah

1. Kesan hangat dan sejuk

kelompok warna yang membawa kesan hangat adalah warna merah, kuning, orange. sedangkan warna yang memberikan kesan sejuk adalah warna hijau, biru.

2. Kesan Gelap dan terang

Kombinasi warna yang dicampur dengan warna putih akan menghasikan warna yang terang, sedangkan untuk kombinasi warna hitam akan menghasilkan warna yang lebih gelap. Pada sebuah ruangan, pencahayaan sangat mempengaruhi gelap atau terangnya sebuah warna. Akan tetapi jika warna memiliki dasar warna yang gelap maka akan dapat menyerap cahaya, begitu sebaliknya jika warna terang akan dapat memantulkan cahaya yang lebih terang. Seperti penggunaan warna pada home teater menggunakan warna gelap tujuannya adalah agar dapat menyerap cahaya.

3. Kesan warna kalem

Warna dengan kesa kalem ini dikelompokkan menjadi  pure, brillian, bright. kesan warna kalem dipengaruhi oleh intensitas warna itu sendiri. warna dengan intensitas yang rendah akan menghasilkan kesan warna yang lebih kalem.

Pengaruh Warna Rumah

Berikut ini keterangan beberapa pilihan warna cat serta penjelasan makna dan pengaruhnya bagi suasana hati Anda:

  • Warna Merah

    Menggambarkan energi penuh, aktif, hangat dan bersemangat. Warna merah secara berlebihan dapat memberikan kesan kemarahan dan ambisi.

  • Warna Kuning

    Warna kuning mengingatkan dengan sinar matahari yang memberikan energi yang baik dan semangat. Sering disamakan dengan warna emas yang menggambarkan kemakmuran dan kemewahan. Dapat diaplikasikan dalam ruang kerja.

  • Warna Biru

    Merupakan warna laut dan langit yang mengesankan ketenangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan dan perlindungan. Efek lainnya adalah memberi kesan lega dan luas. Cocok digunakan untuk kamar tidur.

  • Warna Orange

    Memberi kesan ceria, hangat, bahagia, penuh energi dan membangkitkan semangat. Anda dapat memberi warna ini untuk ruang makan.

  • Warna Hijau

    Warna yang sering dilihat dan menggambarkan alam. Efek dari warna ini adalah memberi suasana harmonis, teduh, santai, alami, menyejukkan, menyegarkan dan menenangkan. Ruang tidur cocok bila menggunakan warna ini.

  • Warna Coklat

    Salah satu warna alam yang memberi kesan hangat, nyaman, alami, akrab dan ketenangan. Dapat digunakan untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Coklat juga dapat digunakan pada ruangan yang terlalu besar agar tidak menimbulkan kesan dingin.

  • Warna Putih

    Warna netral yang cocok diaplikasikan dengan warna apapun. Menggunakan warna ini umumnya menggambarkan kebersihan, kepolosan dan kemurnian. Penggunaanya pada ruangan akan memberikan kesan lebih besar pada ruangan. Bila berlebihan akan menggambarkan steril dan dingin.

  • Warna Abu-abu

    Biasa digunakan untuk rumah bergaya minimalis. Membuat suasana stabil, luas, menentramkan. Terlalu banyak menggunakan warna ini akan membuat suasana dingin dan luas secara berlebihan.

  • Warna Hitam

    Warna yang memberi suasana penuh perlindungan, gagah, megah, dan elegan.

Sedangkan warna dapat dikomposisikan menjadi 3 komposisi, diantaranya adalah

1. Warna monokromatik

Warna monokromatik dikomposisikan dengan warna netral hitam dan putih. misalnya kita memiliki warna merah, jika kita menambahkan warna putih maka akan menjadi warna merah muda, dan sebaliknya jika kita menambahkan warna merah dengan warna hitam maka kita akan mendapati warna merah tua. Begitu seterusnya untuk warna yang lainnya. Pada Intinya warna monokromatik diambil dari satu warna yang diturunkan kewarna yang lebih muda atau lebih tua.

2. Warna yang berdekatan

Warna ini adalah warna yang saling berdekatan, misalkan warna biru muda dengan warna hijau. dan seterusnya.

3. Warna yang berlawanan

kombinasi warna ini adalah kombinasi warna yang sangat berani. Salah satu contoh kombinasi warna ini adalah warna merah berkesan hangat dengan warna hijau yang berkesan sejuk, biru dengan kuning, dan seterusnya.

Trik menemukan ide dalam memilih warna

Warna menyimpan seribu warna yang secara tidak langsung menterjemahkan perasaan atau keinginan seseorang. Konon warna mampu menafsirkan kelebihan dan kelemahan diri, ada yang garang, lembut, pemurah, dan periang. Warna perlu dipilih dengan tepat karena warna dapat memberi semangat serta kesenangan dalam setiap aspek kehidupan. ada 5 langkah mudah untuk memilih warna yang kita inginkan untuk rumah kita.

1. Kenali diri akan pilihan warna

Untuk melakukan hal ini kita bisa mengambil beberapa gambar yang ada dimajalah atau gambar dari internet tentang warna-warna ruangan. Disitu kita akan tahu apakah warna yang akan kita sukai dan itulah diri kita. Pada akirnya kita akan menemukan inspirasi tentang warna yang akan kita ambil untuk warna rumah kita. dalam sebuah keluarga, warna dimiliki oleh semua keluarga kecuali warna untuk masing-masing kamar tidur. Nah untuk warna interior ruang keluarga itu bagaimana apakah kita akan menampilkan semua warna disitu, tentu tidak bukan. Bagaimana kita bisa menyatukan sebuah warna yang disukai oleh semua keluarga. Maka dari itu kita temukan inspirasi kita melalui gambar-gambar interior dimajalah, internet, dll. Setelah satu keluarga sepakat untuk memilih satu warna dan kita sudah menentukan warna pribadi kita sendiri maka kita lanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Kombinasikan warna anda

Apakah warna yang akan kita pakai tidak terdapat sesuatu apapun atau ruangan kosong. Kita harus memperhatikan perabotan-perabotan warna dalam ruangan kita yang memiliki berbagai unsur kombinasi warna. Kita harus bisa menyatukan unsur-unsur warna tersebut dengan sempurna. Setidaknya kita memilih 2 unsur warna yang mana salah satu yang cocok untuk dikombinasikan dengan perabot-perabot kita.

3. Temukan inspirasi warna

Kita mungkin sudah memilih satu warna yang akan kita masukkan dalam skema desain kita. Jika belum menemukan inspirasi, kita bisa mengambil inspirasi itu melalui karya seni, foto pemandangan alam, dsb. Dengan cara ini maka kita akan mendapat ide tentang pilihan warna kita. salah satu contohnya kita foto satu taman yang terdapat banyak bunga. bunga-bunga ditaman tersebut memiliki banyak warna yang memiliki perpaduan unsur-unsur yang indah.

4. Warna yang membangkitkan gairah, dan semangat kita

Kita bisa saja akan menghadirkan warna yang hangat dan ramah di ruang keluarga. Pemilihan warna yang akan membangkitkan gairah kita tidaklah sulit, dan memilih sesuatu yang kita sukai bukanlah hal yang rumit. Suatu contoh kita memiliki putri yang suka warna pink, seperti yang kita tahu warna ini menciptakan suasana tenang, feminin, dan lembut. Kita tidak bisa memaksakan anak kita untuk mengecat warna didingnya dengan warna lain yang mungkin kita sukai, karena hal itu akan membuat anak kita tidak nyaman dengan warna tersebut.

5. Mengaplikasikan warna

Setidaknya ada dua warna yang telah kita pilih, dan bagaimana kita akan mengaplikasikanya kedalam ruangan, tentunya kita akan pergi ke toko cat. Dalam membeli cat kita jangan langsung membeli banyak. Misalnya kita sudah menentukan warna cream untuk interior ruang keluarga kita, di toko cat akan ada prosur warna yang harus kita pilih, kita menetapkan satu pilihan dan kita langsung membeli cat yang banyak untuk warna cream. Hal seperti itu adalah hal yang salah dilakukan yang pada akhirnya kita menyalahkan merk dari cat tersebut. Hal yang harus kita perhatikan dalam membeli cat adalah warna cat yang akan kita poleskan ke dinding akan berbeda dengan contoh yang ada pada brosur produk cat. Sebaiknya kita membeli dua atau tiga warna yang sesuai dengan keinginan kita, tujuanya agar salah satu cat tersebut sesuai dengan yang kita inginkan jika cat tersebut diaplikasikan dalam interior rumah kita. Setelah kita memperoleh warna yang sesuai maka kita bisa membeli cat tersebut dengan jumlah yang banyak sesuai dengan kebutuhan.

2 thoughts on “WARNA

Comments are closed.